Wild Dancing Thanksgivng Turkey

Jumat, 09 November 2018

5P & 7P -- Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan diperlukan pendekatan yang fleksibel yang biasa disebut sebagai Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Marketing Mix atau Bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

5P dan 7P dalam bauran pemasaran

5P (Konvensional)
Istilah ini mungkin asing bagi para pemula, tetapi menjadi tumpuan untuk para orang marketing dalam meluluhkan hati klien. Saat ini, bisnis merupakan hal yang menarik, tidak jarang jika kita menemukan pesaing dalam berbagai produk yang kita pasarkan. Hal utama marketing yaitu mencapai target, tetapi tidak mudah karena persaingan yang begitu pesat. Untuk itu, 5P dibutuhkan dalam hal ini, taktik yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah internal maupun eksternal dalam dunia pemasaran. Apa saja 5P itu?

1.      Product
Yang dimaksud dari produk ialah barang ataupun sesuatu yang akan anda jual, yang nantinya akan menghasilkan keuntungan yang akan didapat oleh para klien. Produk dapat terdiri dari variety, quality, design, feature, packaging, sizes, service, brand name, warranties, dan returns. Saat anda akan menjual produk anda, maka kita harus tahu pasti mengenai apa saja yang akan dibutuhkan oleh klien.

2.      Price
Berhubungan dengan strategi penentuan harga produk yang akan berpengaruh pada klien. Dalam menentukan harga, anda harus mengidentifikasi kesiapan klien dalam membayar, keuntungan yang anda dapatkan, dan biaya lainnya. Karena banyaknya persaingan, memungkinkan anda harus memberikan diskon untuk menarik pelanggan.

3.      Promotion
Aktivitas promosi sangat penting karena dapat mempromosikan dan memperkenalkan produk kita untuk lebih dikenal masyarakat, dapat berupa iklan, brosur, sales, public relation, direct marketing dan lainnya.

4.      Place
Berhubungan dengan tempat produk anda dapat dipromosikan, dijual, dan didistribusikan. Letak yang strategis dapat mebantu klien untuk menemukan toko anda. Dengan begitu maka toko anda dapat lebih mudah diketahui masyarakat.

5.      People
Merujuk pada staff dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis anda. Dalam memulai bisnis, tenaga penjualan harus dipercaya, bersikap baik, berpakaian rapih, karena sangat berpengaruh untuk bisnis anda.



7P (Commercial)
Semakin berkembangnya bauran pemasaran terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi product, promotion, dan price, namun juga meninjau dari segi place, people, process, dan physical evidence yang lebih dikenal dengan istilah bauran pemasaran jasa sebagai 7P.
Konsep ini yang nantinya akan digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan srategi komunikasi pemasaran.

1.      Product Elemens
Merupakan komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan. Sebenarnya pelanggan tidak membeli barang/jasa tetapi membutuhkanmanfaat dari barang/jasa yang kita tawarkan.

2.      Price
Mencangkup pengeluaran uang, waktu yang usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonumsi produk yang kita tawarkan. Dalam perusahaan, penetapan harga sangat penting karena dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya.

3.      Place
Lokasi yang strategis memiliki akses publik yang lebih baik namun biaya sewa juga harus diperhitungkan.

4.      Promotion
Unsur yang digunakan untuk memberitahukan atau menginformasikan produk/jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan,promosi penjualan, maupun publikasi.

5.      People
Merupakan hal utama bagi  industri jasa. Kebutuhan konsumen mengenai karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge yang baik juga dapat menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan citra perusahaan.

6.      Physical Evidence
Gedung merupakan bukti fisik serta karakteristik perusahaan yang sangat benilai bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna, dan barang lainnya.

7.      Process
Merupakan seluruh prosedur aktual, mekanisme dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Dalam penyampaian jasa kepada konsumen, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance) seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen dan loyal terhadap perusahaan.


Referesi :


(Diakses pada hari Jum'at, 9 November 2018 pada pukul 17.48)

Tidak ada komentar: