Bauran Pemasaran
Dalam memasarkan
suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan diperlukan pendekatan yang
fleksibel yang biasa disebut sebagai Bauran Pemasaran (Marketing Mix).
Marketing
Mix atau Bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta
penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan
pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
5P
dan 7P dalam bauran pemasaran
5P
(Konvensional)
Istilah
ini mungkin asing bagi para pemula, tetapi menjadi tumpuan untuk para orang
marketing dalam meluluhkan hati klien. Saat ini, bisnis merupakan hal yang
menarik, tidak jarang jika kita menemukan pesaing dalam berbagai produk yang
kita pasarkan. Hal utama marketing yaitu mencapai target, tetapi tidak mudah
karena persaingan yang begitu pesat. Untuk itu, 5P dibutuhkan dalam hal ini,
taktik yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah internal maupun
eksternal dalam dunia pemasaran. Apa saja 5P itu?
1.
Product
Yang dimaksud dari
produk ialah barang ataupun sesuatu yang akan anda jual, yang nantinya akan
menghasilkan keuntungan yang akan didapat oleh para klien. Produk dapat terdiri
dari variety, quality, design, feature, packaging, sizes, service, brand name,
warranties, dan returns. Saat anda akan menjual produk anda, maka kita harus
tahu pasti mengenai apa saja yang akan dibutuhkan oleh klien.
2.
Price
Berhubungan dengan strategi
penentuan harga produk yang akan berpengaruh pada klien. Dalam menentukan
harga, anda harus mengidentifikasi kesiapan klien dalam membayar, keuntungan
yang anda dapatkan, dan biaya lainnya. Karena banyaknya persaingan, memungkinkan
anda harus memberikan diskon untuk menarik pelanggan.
3.
Promotion
Aktivitas promosi
sangat penting karena dapat mempromosikan dan memperkenalkan produk kita untuk
lebih dikenal masyarakat, dapat berupa iklan, brosur, sales, public relation,
direct marketing dan lainnya.
4.
Place
Berhubungan dengan tempat
produk anda dapat dipromosikan, dijual, dan didistribusikan. Letak yang
strategis dapat mebantu klien untuk menemukan toko anda. Dengan begitu maka
toko anda dapat lebih mudah diketahui masyarakat.
5.
People
Merujuk pada staff dan
tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis anda. Dalam memulai bisnis, tenaga
penjualan harus dipercaya, bersikap baik, berpakaian rapih, karena sangat berpengaruh
untuk bisnis anda.
7P
(Commercial)
Semakin
berkembangnya bauran pemasaran terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi
product, promotion, dan price, namun juga meninjau dari segi place, people,
process, dan physical evidence yang lebih dikenal dengan istilah bauran
pemasaran jasa sebagai 7P.
Konsep
ini yang nantinya akan digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan
srategi komunikasi pemasaran.
1.
Product
Elemens
Merupakan komponen dari
kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan. Sebenarnya pelanggan
tidak membeli barang/jasa tetapi membutuhkanmanfaat dari barang/jasa yang kita
tawarkan.
2.
Price
Mencangkup pengeluaran
uang, waktu yang usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonumsi
produk yang kita tawarkan. Dalam perusahaan, penetapan harga sangat penting
karena dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya.
3.
Place
Lokasi yang strategis
memiliki akses publik yang lebih baik namun biaya sewa juga harus
diperhitungkan.
4.
Promotion
Unsur yang digunakan
untuk memberitahukan atau menginformasikan produk/jasa yang baru pada
perusahaan melalui iklan,promosi penjualan, maupun publikasi.
5.
People
Merupakan hal utama
bagi industri jasa. Kebutuhan konsumen
mengenai karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan
knowledge yang baik juga dapat menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan citra perusahaan.
6.
Physical
Evidence
Gedung merupakan bukti
fisik serta karakteristik perusahaan yang sangat benilai bagi konsumen dalam
perusahaan jasa yang memiliki karakter. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik
antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo,
warna, dan barang lainnya.
7.
Process
Merupakan seluruh
prosedur aktual, mekanisme dan aliran aktivitas yang digunakan untuk
menyampaikan jasa. Dalam penyampaian jasa kepada konsumen, maka untuk menjamin
mutu layanan (quality assurance) seluruh operasional perusahaan harus
dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan
yang berkompetensi, berkomitmen dan loyal terhadap perusahaan.
Referesi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar